Bagaimana Cara Memilih Laptop Yang Baik

IdeGadget.com, setelah sekian lama saya membagikan review mengenai harga dan spesifikasi, kini tiba saatnya saya ingin memberikan tips kepada teman-teman pengunjung tentang bagaimana cara memilih laptop yang baik dan tentunya berkualitas.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam memilih laptop, dan saya akan menguraikan sedikit satu-persatu mulai dari yang terpenting.

1. Spesifikasi

Selalu cek spesifikasi yang dimiliki oleh laptop tersebut, terutama pada processor, karena inti dari sebuah laptop adalah procesor, dan mengenai tingkatan processor mulai dari yang bagus hingga yang rendah mungkin anda bisa mencarinya di google.

Selain procesor, kita juga harus melihat ukuran RAM dan harddisk semakin besar semakin bagus, kemudian jika ingin menggunakan laptop untuk keperluan gaming jangan lupa untuk melihat spesifikasi VGA/Graphics dari laptop tersebut, jika tidak tahu yang mana anda bisa bertanya kepada penjual tentang VGA yang digunakan.

Selalu cek kebutuhan spesifikasi terhadap kebutuhan Anda, jika hanya untuk penggunaan sehari-hari seperti mengetik dan browsing maka tidak perlu spesifikasi laptop yang tinggi.

2. Penyesuaian Harga

Setelah menemukan spesifikasi yang bagus, sekarang kita sesuaikan harganya, dan biasanya yang menjadi penentu ukuran harga dari laptop adalah Hardware/Perangkat yang telah di sebutkan di atas. Selain itu merk laptop juga mempengaruhi harga, semakin terkenal/semakin luas cakupan penjualan laptopnya maka semakin tinggi pula harga yang akan di tawarkan.

Contohnya anda bisa mengambil perbandingan antara laptop merek Apple, dengan laptop merek pabrikan Indonesia yang cakupan penjualan belum terlalu besar. Pasti harganya akan berbeda walaupun spesifikasi yang dimiliki sama atau hampir sama.

Namun, jangan semata-mata melihat dari merk, karena merk yang tidak terlalu terkenal bukan berarti buruk. Mengenai merk laptop ini ada sebuah studi di manca yang memberikan peringkat laptop berdasarkan merk.

4. Kondisi Laptop

Hal ini mungkin sering tidak di perhatikan secara detail oleh pembeli, namun mungkin saja bisa terjadi laptop yang di jual hanyalah laptop bekas atau laptop yang telah di ganti alat-alat dalam perangkatnya.

Oleh karena itu setelah membeli laptop di anjurkan untuk mengecek System Informasi laptop tersebut untuk mengetahui kesesauain spesifikasi yang tertera dengan aktual spesifikasi hardware yang ada. Anda bisa mengeceknya di Device Manager kemudian cocokan dengan data yang anda ambil, entah itu dari internet atau dari penjual.

5. Penyesuaian Budget

Hal penting keempat yang tentunya tidak boleh kita lupakan yaitu penyesuaian budget yang anda miliki. Jika anda menginginkan spesifikasi yang tinggi tentunya anda harus menyediakan budget minimal 10 juta keatas, jika anda menginginkan laptop berspesifikasi menengah budget minimal 4 juta keatas, dan jika anda hanya mempunyai budget yang kecil yaitu di bawah 4 Juta.

Hanya ada sebagian laptop yang berspesifikasi mengenah dengan budget di bawah 4 Juta, seperti Laptop merek Zyrex, yang cukup terkenal dengan Harga murah dengan Spesifikasi yang bagus dan berkualitas. Dan jangan lupa agar memperhatikan garansi yang diberikan, serta penempelan segel garansi di laptop tersebut agar tidak diabaikan, sehingga garansi bisa berlaku.

Mungkin itu adalah sebagian tips yang bisa kami berikan, semoga bisa bermanfaat buat teman-teman sekalian yang sedang berencana ingin membeli laptop namun tidak tahu bagaimana cara memilih laptop yang baik.