Tips Bagi Pengguna Smartphone Android untuk Pemula

Trik Bagi Pengguna Android Pemula

Bagi Anda pengguna Android pemula, pastinya sedang asik-asiknya ‘kepo’ alias ingin tahu tentang seluk-beluk dan apa saja aplikasi yang tersedia di dalam smartphone Anda. Namun, anda bisa memaksimalkan Android Anda dengan mengetahui hal-hal yang mendasar terlebih dahulu.

Berikut Tips Bagi Pengguna Smartphone Android untuk Pemula:

Trik Mengamankan Android dari Tangan Jahil

Berbagai aplikasi Android yang Anda gunakan memungkinkan bagi Anda langsung terhubung dengan media sosial. Namun, ada kalanya privasi Anda terganggu karena ulah tangan jahil orang-orang di sekitar Anda yang seenaknya membajak status Facebook maupun kicauan Anda di Twitter.

Screen lock-face unlock

Tenang, Anda bisa mulai mulai memproteksi gadget Anda dengan memaksimalkan fungsi kunci pengaman agar orang lain tidak mudah mengakses Home screen Android Anda. Terdapat beberapa pilihan pengunci layar, seperti Slide, Pattern, PIN, Password hingga Face Unlock. Tinggal atur dan sesuakan dengan kenyamanan Anda.

Berikut cara mengaktifkan fitur screen lock pada smartphone Android Anda:

1. Mulai dari tampilan Home, masuk ke menu Setting.
2. Pada menu Setting, pilih Security. Di sana akan muncul beberapa pilihan jenis screen lock, di antaranya Slide, Face Unlock, Pattern, PIN dan Pasword.

Screen Lock dengan  mode Pattern
1. Pilih Pattern, setelah itu akan muncul jendela Confirm your pattern, selanjutnya meminta Anda membuat garis dengan cara menggabungkan titik-titik sebagai kunci masuk ke Anroid Anda.
2. Setelah itu, lanjutkan dengan mengklik Continue.
3. Setelah mengkonfirmasi pattern, lanjutkan klik Confirm untuk keluar.

Screen Lock dengan mode Face Unlock
1. Pilih Face Unlock, selanjutnya klik Set it up.
2. Klik Continue untuk melanjutkan.
3. Arahkan wajah Anda pada lingkaran, hingga seluruh titik berwarna hijau.
4. Setelah itu, Anda dapat memilih kunci alternatif apabila wajah Anda tak berhasil terdeteksi oleh perangkat, yaitu dengan Pattern atau PIN.
5. Setelah memilih dan memasukkan pengaman alternatir, konfimasi, lalu akan mucul pesan sukses. Perangkat Anda pun aman dari tangan yang tak bertanggung jawab.

Tips: Sebaiknya, Anda melakukan di dalam ruangan serta memposisikan gadget sejajar dengan mata Anda untuk  menangkap wajah Anda.

Tips Mengubah Tampilan Bahasa pada Android

Bahasa, seringkali menjadi kendala pengguna Android pemula di Indonesia. Bagi yang tidak terbiasa menggunakan bahasa Inggris, Anda dapat mempermudah penggunaan Android Anda dengan mengubah tampilan menu dan perintah menjadi Bahasa Indonesia.

Setting android
Pengaturan Bahasa

Cara pengaturan bahasa pada smartphone Android adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke menu Setting lalu pilih Language & Input.
2. Selanjutnya, klik Language dan pilih opsi bahasa yang Anda kehendaki, misalnya Bahasa Indonesia.
3. Hasilnya, akan tampak menu dan perintah dalam Android anda kini telah berubah menjadi Bahasa Indonesia.

Tips Memanggil Aplikasi dengan Sekali Sentuh

Anda dapat mempermudah mengakses aplikasi yang sering Anda gunakan dengan cara yang lebih singkat tanpa Anda mencari-carinya terlebih dahulu. Anda dapat mengkonfigurasikan atau meletakkannya di Home Screen, sehingga Anda dapat mengaksesnya hanya dengan sekali sentuh.

Setting android
Tampilan aplikasi favorit pada home screen Anda

 Berikut langkah-langkah agar Anda dapat memanggil aplikasi dengan lebih cepat:

1. Pilih aplikasi yang paling sering Anda gunakan, misalnya Anda ingin meletakkan aplikasi Facebook pada Home Screen.
2. Klik lalu tahan sedikit lebih lama jari Anda pada ikon Facebook, maka tampilan background-nya otomatis beralih ke Home Screen.
3. Sekarang, ikon Facebook Anda sudah berada di Home Screen, dan Anda dapat memanggilnya lebih cepat.

Jika Aplikasi yang Anda letakkan di Home Screen terlalu banyak, dan Anda ingin mengurangi beberapa ikon aplikasi tersebut, Anda dapat menghilangkan aplikasi yang jarang Anda akses. Caranya dengan menekan ikon aplikasi yang Anda hilangkan contohnya aplikasi Instagram, lalu tarik ke atas ke arah Remove.

Tips Me-Non-aktifkan Spell Checker

Ketika Anda menulis catatan atau mengirim pesan di smartphone Android Anda, biasanya terdapat garis bawah berwarna merah pada kalimat yang menggunakan Bahasa Indonesia. Hal ini menandakan aktifnya fitur spellchecker pada gadget Anda.

Fungsinya adalah menandai penulisan kata yang tidak terdapat di dalam Kamus Bahasa Inggris. Fitur tersebut juga berfungsi untuk memperbaiki penulisan Bahasa Inggris yang tidak tepat. Akan tetapi, seringkali ini justru mengganggu Anda karena Anda lebih sering mengunakan Bahasa Indonesia.

Berikut cara me-non-aktifkan fitur Spellchecker pada Android Anda:

1. Buka menu Setting, klik pilihan Language & Input.
2. Kemudian, Non aktifkan Spell checker.
3. Kini, garis bawah berwarna merah tak terlihat lagi saat Anda mengetik pada Android Anda.

Tips Mengkonfigurasi E-mail pada Android

Perkembangan tekhnologi, semakin memudahkan pengguna interner untuk berkomunikasi lewat email, tidak hanya dari PC namun Anda dapat mengaksesnya lewat smartphone. Melalui perangkat Android Anda, kapanpun dan di manapun Anda dapat mengirimkan email.

Setting android
konfigurasi email pada Android

 Berikut cara untuk mengkonfigurasikan e-mail pada Android Anda:

1. Pilih aplikasi E-mail, kemudian akan mucul Account Setup yang meminta Anda memasukkan alamat e-mail beserta pasword-nya.
2. Lalu klik Done, dan tombol Next untuk melanjutkan.
3. Kemudian, beri tanda centang pada opsi yang diperlukan. Contohnya menggunakan akun email ini untuk mengirimkan email secara default, atau pemberitahuan jika ada email masuk. Lalu klik Next untuk melanjutkan.
3. Berikan nama email yang akan terkirim, kemudian klik Next untuk ke tahap selanjutnya.
4. Tunggu beberapa saat, dan email Anda pun siap digunakan.

Tips Menghemat Baterai pada Android Anda

Bagi pengguna Android pemula, banyak yang mengeluhkan tentang borosnya penggunaan baterai pada smartphone-nya. Rata-rata, baterai smartphone Android hanya bertahan sekitar 8-12 jam pada penggunaan aktif. Kecuali pada perangkat yang memiliki kapasitas baterai yang cukup besar seperti Lenovo P770 atau Samsung Galaxy Note II.

Menghemat baterai pada Android
Menghemat baterai pada Android

Sedangkan jika hanya untuk pemakaian telepon, baterai bisa tahan selama 3 hari dalam satu kali pengisian. Namun, hal itu mustahil jika Anda menggunakan berbagai fitur yang ada di smartphone Anda, tentunya akan mengkonsumsi daya yang cukup besar. Seperti layar sentuh yang berukuran lebar. GPS, konektivitas 3G, Blootooth, juga Wi-Fi. Penggunaan Android secara tepat, dapat memungkinkan baterai Anda bertahan lebih lama.

Berikut cara untuk menghemat penggunaan baterai pada smartphone Android Anda:

1. Menurunkan tingkat kecerahan layar.
2. Mengurani waktu screen timeout (sekitar 30 detik- 2 menit saja), sehingga ketika tidak digunakan layar akan segera mati.
3.Matikan koneksi yang sedang tidak Anda gunakan seperti Wi-Fi, Bluetooth atau GPS.
4. Matikan beberapa aplikasi yang sedang tidak anda gunakan dengan task killer.
5. Matikan fitur getar pada smartphone anda jika tak begitu dibutuhkan karena fitur getar juga memakan daya baterai yang tinggi.
5. Matikan fitur sinkronisasi jika tidak terlalu dibutuhkan (klik setting-account)  Anda dapat mengatur aplikasi tertentu untuk tetap menjalankan fitur sinkronisasi.
6. Mengaktifkan opsi power saving pada perangkat smartphone Anda. Namun, hati-hati karena sejumlah opsi power saving dapat mematikan konektivitas data pada smartphone Anda.

Apabila keenam langkah tersebut telah Anda coba, namun daya tahan baterai smartphone Android Anda masih terasa kurang, Anda dapat menggunakan baterai cadangan atau baterai yang mempunyai kapasitas lebih besar. Anda juga dapat menggunakan perangkat lain seperti powerbank.

Selanjutnya setelah mengetahui dasar-dasar penggunaan Android, Anda bisa mulai menginstall beberapa applikasi wajib untuk Android Anda.  Atau jika Anda rasa smartphone anda kurang powerfull, silahkan baca-baca mengenai Harga Smartphone Xiaomi Terbaru

Demikian serangkaian Tips Bagi Pengguna Smartphone Android untuk Pemula. Semoga bermanfaat!

(KI, Sumber Gambar: gambar1, gambar2, gambar 3, gambar 4, gambar5)