Cara Melakukan Factory Reset Android

Cara Melakukan Factory Reset Android

Factory Reset Android
Factory Reset Android

Kali ini idegadget bakalan sharing tips Android dengan kalian tentang bagaimana cara melakukan factory reset. Tidak hanya bagaimana mereset Androidmu tetapi juga bagaimana mem-back up data dari Androidmu sebelum membersihkannya.

Sebelum Kita Melakukan Factory Reset

Sobat Idegadget.com sebelum melakukan factory reset, langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah memastikan bahwa Factory Reset merupakan langkah yang tepat untuk kamu lakukan. Factory Reset sebaiknya dilakukan ketika kamu menyerahkan perangkat Androidmu ke orang lain dan kamu ingin melindungi data pribadimu, contohnya ketika kamu menjual atau memberikannya kepada keluargamu.

Backup Data Pribadi

Kalian pasti sudah tahu seberapa pentingnya membackup data pribadi sebelum mereset gadgetmu. Hal yang sama berlaku pada Android, bukan hanya file pribadi yang harus kamu backup tetapi juga Applikasi Android kesayanganmu. Pada umumnya Applikasi Android menyimpan seluruh datanya menggunakan cloud computing yaitu penyimpanan dunia maya, sehingga ini tidak memerlukan backup yang rumit.

Menggunakan fasilitas Export

Banyak Applikasi pada Android memberikan fasilitas khusus untuk membackup data yang telah kita simpan dalam applikasi. Contohnya ialah pada Launcher Apps seperti Tasker atau Zooper Widget

Manual Backup (Copy-Paste)

Konsep dalam melakukan backup ini sangatlah sederhana, Anda hanya perlu menginstall applikasi File Explorer, gunakan kabel USB untuk menyambungkan perangkat Android Anda dengan PC atau laptop setelah itu copy semua file pada perangkat Android Anda.

Copy semua folder Downloads, DCIM, Wallpapers, Pictures dan Export Apps kemudian Paste di Komputer Anda.

Selamatkan semua file penting Anda, karena ketika melakukan Factory Reset semua file yang pernah Anda buat akan terhapus secara permanen.

Menggunakan Backup App.

Beberapa pengembang applikasi Android telah membuat Applikasi yang akan membantu Anda untuk melakukan backup data dari Android. Applikasi seperti Helium mungkin akan sangat membantumu. Applikasi ini akan membackup seluruh data Apps Anda, termasuk data game, Tasker Tasks, Profile, Zooper Widget dan banyak hal lainnya.

Cek Setting Google

Untuk mengatur Apps dalam perangkat Android Anda, tentu saja Google yang paling bisa diandalkan. Google Play Store mengetahui seluruh Apps yang pernah Anda gunakan, sehingga akan sangat mudah untuk menemukan Applikasi favorite Anda nantinya.

Buka Setting pada perangkat Android Anda, kemudian pilih Backup & reset. Disini akan ada dua pilihan.
1. Back up my data yang akan menyimpan data WiFi SSIDs Password dan setting dasar Android Anda. Tetapi fasilitas back up my data ini tidak akan menyimpan data game ataupun  applikasi android Anda.

2. Automatic restore ialah pilihan untuk mengabarkan Google bahwa ketika perangkat Android ini kembali berfungsi online, Google akan mengembalikan semua data yang telah di backup secara online dan mengembalikan semua instalasi applikasi Anda secara otomatis.

Screenshots

Jika Anda termasuk yang sangat sensitif terhadap tampilan Android Anda, maka hal ini patut Anda lakukan. Mengambil gambar terakhir dari tampilan perangkat Android Anda, sehingga nantinya dapat mengembalikan tampilannya sesuai dengan yang sebelumnya.

Baiklah.. Saat ini Anda telah siap untuk melakukan Factory Reset.

Melakukan Factory Reset

Oke, sekarang adalah langkah  terakhirnya. Ini adalah langkah yang sangat mudah dan sederhana.
1. Lepaskan Micro SD dari perangkat Anda.
2. Masuk ke system Settings
3. Pilih Backup & Reset
4. Pilih Factory Data Reset
5. Kemudian selanjutnnya pilih Reset Phone.
6. Yang terakhir ialah tekan tombol Erase Everything

Smartphone Anda akan melakukan Restart dan menghapus semua data Anda. Karena Anda telah melakukan backup, maka seluruh data Anda telah Aman.

Ok.. Thats it.. Langkah mudah melakukan Factory Reset.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melakukan Factory Reset Android"

Post a Comment