Cara untuk Menyimpan, Mengganti atau Menetapkan Default Apps di Android Anda

Sobat Idegadget.com smartphone dan tablet Android dikenal luas karena kemampuan kustomnya yang sangat luas. Kemampuan melakukan perubahan yang kreatif ini membuat orang lebih memilih Android dibandingkan iPhone sekalipun. Pernahkah kamu mengubah default Aplication di Android? Ini sangat rumit untuk dilakukan, tetapi kali ini kami membawa solusi mudahnya.

Google Play Store memiliki sangat banyak apps sekarang, dan terus bertambah setiap harinya. Jika kamu menyukai app terbaru maka kamu sebaiknya mengaturnya menjadi app default di Androidmu.

Jika kamu kira app Boomerang for Android jauh lebih baik sebagai pengatur email daripada Gmail maka kamu harus memilihnya sebagai default app. Kemudian jika kamu melihat app Mailbox came to Android dan merasa lebih baik kinerjanya dibandingkan Boomerang, maka kamu harus menggunakannnya sebagai app defaultmu.

cara custom default app android
custom default app android

Jika kamu sudah bosan nantinya, maka kamu harus mengembalikan ke app default. Proses ini sangat menyulitkan dan memakan waktu. Kamu harus menemukan default app yang saat ini kamu gunakan, menghapusnya dari setting Android kemudian memilih app terbaru yang kamu sukai. Sangat melelahkan.

Tetapi kini hal ini akan menjadi sangat mudah. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menginstall App Better Open With.

Cara untuk Menghapus Default Apps di Android

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menemukan default app untuk membuka jenis file tertentu. Jika kamu tidak tahu caranya, maka download-lah Default App Manager Lite yang akan membantumu. Setelan mendownloadnya, mari kita gunakan:

  1. Klik Settings
  2. Klik Apps
  3. Pilih app yang saat ini digunakan sebagai default untuk tipe file tertentu
  4. Scroll ke bawah dan pilihlah Launch By Default
  5. Tekan Clear Defaults

Ulangi langkah ini jika kamu memerlukan default app untuk tipe file lain. Langkah ini memakan waktu sekitar 10 menit dan tidak dapat digantikan.

Set Up Better Open With App

Pertama Download Better Open With App di Android kamu. Kemudian setelah menghapus setting default dari Default App Manager Lite, kamu bisa mulai dengan Better Open With. Di app ini kamu akan melihat pilihan tipe file seperti berikut:

  • Audio
  • Audio Stream
  • Browser
  • Ebook
  • Email
  • Geo Location
  • Images
  • PDF
  • Text Files
  • Video Files
  • Video Stream

Pilihlah tipe file yang ingin kamu rubah default App-nya. Contohnya jika kamu ingin mengganti browser maka tekan Browser kemudian pilih Crome (tanda bintang akan berwarna biru sebagai tanda default App). Ini berarti jika kamu menemukan link di App manapun, maka Androidmu akan membukanya menggunakan Chrome.

Yang lebih keren ialah, di bagian Browser sendiri terdapat beberapa pilihan. Seperti jika kamu ingin link twitter dibuka dengan App khusus twitter seperti Tweetings yang sangat populer dikalangan pengguna Twitter. Seperti itu pula halnya dengan link-link khusus lainnya seperti Youtube, Reddit, Wikipedia, ataupun G+

Aturlah default app untuk semua jenis file tipe yang kamu inginkan sebelum menekan exit.

Sekarang cobalah untuk membuka file tipe tersebut satu persatu. Kemudian akan muncul pilihan Better Open With maka pilihlah “Always” dengan begitu kamu tidak perlu untuk membuka Setting Android setiap kali ingin menghapus Defaults.

Gampang bukan? Jika nanti kamu ingin mengganti default app lagi, maka kamu bisa langsung menggunakan Better Open With dan memilih app yang bisa digunakan sebagai default. Mudah sekali.

Kelebihan Lainnya dari Better Open With app

App ini tak hanya memberikan penggunanya kemudahan untuk mengubah default app untuk membuka file tertentu, tetapi juga memberikan pilihan app lain yang dapat membuka file tipe tersebut. Pilihan ini muncul jika Anda menggunakan setting delay untuk beberapa sekon, pada saat delay ini maka akan muncul beberapa pilihan app yang bisa membuka file tersebut.

Secara default, delay ini sekitar 5 sekon, tetapi kamu bisa menggantinya menjadi 2 sekon atau kurang tanda masalah.

Better Open With juga memberikan pilihan untuk tampilah grid atau list, icon atau hanya text, tema yang terang ataupun gelap, semua dapat diatur.

Kekurangan Better Open With

Setelah kelebihannya kali ini kami uraikan beberapa kelemahan pada App ini.
Pertama ialah untuk mengatur dialer (app untuk menelpon), pilihannya ialah app Contact+, kemudian ketika kita ingin mengubahnya menjadi Trudialer, App ini tidak memiliki opsi tersebut.

Hal yang sama juga terjadi untuk mengubah default Android SMS app. Better Open With tidak dapat melakukan pengaturan ini.

Semoga saja pengembang App ini akan terus memperbaiki kinerja dari App nya. Sehingga fungsi dan kegunaan dari applikasi Android ini bisa lebih maksimal dan memuaskan para penggunanya.

Oke langsung saja jika ingin mendownload Better Open With di Google Play