Cara Membuat Android Versimu Sendiri dengan Xposed Framework

Cara Modif Android dengan Xposed Framework dan Xposed Module

Sobat Idegadget.com biasanya kalau kamu mau mengcustom Androidmu, kamu harus melakukan rooting dan menginstall ROM baru, ini dilakukan pada hampir semua Android. Tapi kamu bisa melakukan custom dengan cara yang lain, yaitu dengan Xposed framework. Dengan Xposed kamu bisa mengcustom Androidmu secara keseluruhan tanpa menginstall ROM baru.

Apa itu Xposed Framework dan Apa yang Kamu Perlukan?

Xposed Framework adalah serangkaian module yang memberimu kontrol terhadap beberapa bagian di Androidmu. Xposed Framework memeberimu kemampuan untuk mengcustom Androidmu dan App yang ada di dalamnya. Kamu bisa mengcustom lock screen atau launcher, memodifikasi text system, dan beberapa modifikasi lainnya tanpa menginstall ROM baru.

Dengan kata lain, kamu bisa menjalankan OS android standard dari pabrik dan memodifikasinya sehingga sesuai dengan keinginanmu menggunakan Xposed Framework. Ok. Yang kamu perlukan ialah:

  • Xposed Framework versi terbaru
  • Smartphone Android terbaru Android 4.0 atau lebih baru yang telah di root.

Setelah kamu menginstall Xposed Framework, maka langkah selanjutnya ialah menginstall Xposed Modules.

Tampilan Xposed Framework
Tampilan Xposed Framework

Cara Menginstall Modul Xposed Framework

Pertama-tama sebelum memulai modifikasi Androidmu, Back Up semua data Androidmu dulu. Kamu bisa menggunakan Titanium Backup atau App lainnya.

  • Setelah kamu melakukan Back up data Androidmu, kamu harus cek dulu Xposed Framework Thread XDA Developer Forum. Disana akan ada update Framework terbaru karena Xposed tidak tersedia di Google Play. Download APK Xposed Framework yang ada di sana.
  • Buka Xposed Installer APK dan install ke Androidmu.
  • Buka Xposed Installer dan pilih Framework
  • Pilih Install/update
  • Setelah itu Reboot/Restart Androidmu

Setelah smartphone mu menyala kembali, Xposed Framework sudah aktif di gadgetmu. Kemudian kamu perlu menginstall Xposed Modules. Karena Xposed Modules tersedia dalam bentuk APK, maka cara menginstallnya sama dengan cara menginstall app biasa.

  • Download APK file (atau install dari Play Store)
  • Buka Xposed Installer kemudian Pilih Modules
  • Centang pilihan untuk Modul yang ingin kamu aktifkan.(kamu bisa pilih lebih dari satu, dan mendownloadnya sekaligus)
  • Reboot/restart androidmu.

Dengan begini kamu bisa menginstall Framework dan Module apapun, kemudian melakukan modifikasi yang kamu inginkan.

Tiga Xposed Modules Yang Harus Kamu Coba

Baiklah, setelah smartphone Androidmu terinstall Xposed Framework, kamu bisa mulai modifikasimu dengan menginstall beberapa Xposed Modules berikut ini:

XPrivacy, Selamatkan Privasimu

XPrivacy adalah Xposed module yang memberimu full control untuk semua izin pada app Androidmu. Ketika kamu telah menginstallnya, maka kamu bisa memberikan izin atau menolak izin dari app tersebut.

XPrivacy dapat mengirimkan data palsu untuk mengganti datamu, contohnya saja ketika ada App Android yang memerlukan lokasimu, maka XPrivacy akan memberikan data lokasi yang berbeda dari lokasimu, atau ketika ada App Android yang meminta data list Contact di Androidmu, maka XPrivacy akan memberikan data Contact yang kosong.

Kalau ternyata App yang meminta lokasi bertujuan untuk menentukan dan memberikan kabar cuaca, maka kamu juga dapat mengizinkannya mengetahui lokasimu. Semua ada dalam kontrolmu.

XBlast Memberikan Sentuhan Khusus untuk Smartphonemu

XBlast adalah XPosed Module yang memberikan sekumpulan setting personal untuk Androidmu. Yang menarik ialah kamu dapat mengontrol interaksimu dengan Smartphonemu.

XBlast akan membuat smartphone Androidmu lebih hidup, karena dengan Xposed Module ini kamu bisa membuat Androidmu mengatakan “Selamat pagi, Sayangku” setiap kali kamu membukanya”. Menarik bukan? Ya tentu saja sangat menarik buat para jomblo. 😀

Selain itu Xblast juga memberikan fitur lain untuk memodifikasi font mu sendiri, membuat notifikasi transparan, mengubah ukuran font dan statusbar dan masih banyak lagi.

Wanam Xposed modifikasi tampilan Smartphonemu

Wanam memberimu banyak sekali pilihan tampilan smartphonemu. Wanam memberikan fitur untuk merekam panggilan, mengubah tombol volumemu menjadi pengontrol musik, menambahkan recovery dan hotboot menu pada tombol power dan banyak sekali yang lainnya.

Wanam Xposed juga mampu
mengubah semua tampilan luar Androidmu, seperti memperbesar icon baterai, mengganti ukuran font, mengubah ukuran jam pada lock screen dan lain-lain.

MoDaCo Toolkit Membuka Kunci Apps dengan lokasi terbatas

MoDaCo Toolkit memberimu akses pada Apps yang terbatas lokasinya sehingga tidak terbatas. Seperti Amazon MP3 yang terbatas hanya di Amerika saja, maka dengan Modul MoDaCo ini menjadi tidak terbatas di negara manapun. Menghilangkan tampilan icon baterai ketika kamu nggak memerlukannya.

Tweakbox, Modifikasi Tampilan Statusbar Androidmu

Tweakbox adalah kumpulan trik dan modifikasi Android yang dapat mengubah statusbar indicatormu. Dengan Xposed Modul ini kamu bisa mengubah warna background, tampilan  dan tampilan beberapa hal menarik lainnya seperti membuat ringtone panggilanmu meningkat suaranya secara perlahan.

Tweakbox sangat cocok digunakan pada Samsung dan telah dioptimasi untuk jenis gadget Android pada Samsung