Penting !! Lakukan Hal Berikut Sebelum Install Custom ROM

Sobat Idegadget.com, biasanya setelah melaukan root pada device android kamu adalah meng-install custom ROM agar performa dan tampilan menjadi lebih oke. Namun dibalik manfaat tersebut juga mengandung resiko yang cukup besar bahkan bisa menyebabkan brick. Nah, untuk meminimalkan resiko tersebut lakukan beberapa hal berikut ini.

Pastikan baterai dalam kondisi full

Sebenarnya ketika mau install custom ROM baterai tidak harus full, tergantung dari performa masing-masing baterai. Namun untuk jaga-jaga, lebih baik di-cas full terlebih dahulu agar lebih aman dan hati menjadi tenang. Karena ketika di tengah jalan ketika proses sedang berlangsung dan hape mati karena kehabisan baterai bisa menyebabkan instalasi menjadi gagal dan berpotensi menyebabkan device kamu mengalami brick.

Backup kontak, aplikasi, dan lain-lain.

Sebelum melakukan apapun yang sifatnya besar seperti root atau install custom ROM, maka selalu pastikan backup data-data penting pada device kamu seperti kontak, aplikasi, pesan, dan sebagainya. Hal ini untuk menjaga jika terjadi masalah pada saat instalasi data-data kamu tetap aman dan tidak akan hilang karena kamu sudah membuat cadangannya.

Backup ROM saat ini

Jika kamu pernah melakukan custom ROM, maka sebaiknya backup dulu ROM yang saat ini digunakan baik custom ROM maupun stock ROM (ROM bawaan). Hal ini penting karena jika terjadi kegagalan saat instalasi ROM baru, kita masih bisa mengembalikan ROM yang lama. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi ROM Manager.

Nyalakan USB Debugging

USB Debugging merupakan menu pada android untuk menjembatani antara device android kamu dengan komputer dengan Android SDK. Sebelum sebuah aplikasi rooting seperti One-click-root dapat melakukan tugasnya dengan sempurna, maka “jembatan” ini harus dibuka terlebih dahulu agar didapatkan akses ke sistem.
Untuk menyalakan USB Debugging ini bisa menuju Setting > Developer Options > USB Debugging. Pada device android Jelly Bean ke atas, menu ini secara default disembunyikan oleh sistem. Untuk memunculkannya tap 7 kali pada Build Version yang dapat ditemukan di Settings > About.