Tips Bermain Clash Royale

Sobat IdeGadget, salah satu game saat ini yang sangat seru untuk dimainkan adalah Clash Royale. Yup, Clash Royale merupakan game besutan Supercell yang juga sukses menciptakan game fenomenal Clash of Clans. Game clash royale mempunyai gameplay yang sederhana namun penuh strategi dan taktik untuk dapat menaklukannya.

Dalam game ini kita dihadapkan untuk bertarung / battle melawan pemain dari seluruh dunia atau bermain melawan teman yang masih dalam 1 clan. Pada artikel kali ini Idegadget akan memberikan ulasan bermain clash royale khusus untuk pemula, jadi yang sudah pro bisa melewatkan artikel berikut ini, atau malah bisa juga menambahkan tips dalam kolom komentar di bawah.

Tips bermain Clash Royale untuk pemula

Kenali dirimu, kenali cara bermainmu

Pemain Clash Royale yang saya temui bisa dikategorikan menjadi dua, yaitu pemain defensive dan pemain offensive. Tipe pemain defensive adalah pemain yang awal bermainnya cenderung bertahan dan jika ada kesempatan langsung melakukan serangan balik yang mematikan. Biasanya pemain ini menggunakan kartu-kartu untuk bertahan seperti Cannon, Bomb Tower, Hidden Tesla, Inferno dan sebagainya.

Sembari bertahan, pemain ini juga sesekali melancarkan serangan balik yang cepat menggunakan Hog Rider, Goblin Barrel, Goblin, Mini Pekka, atau bahkan menggunakan kartu tipe bangunan yang dapat langsung menembak tower seperti X-Bow. Tipe pemain defensive tidak akan mengeluarkan kartu terlebih dahulu, mereka cenderung menunggu pemain lawan mengeluarkan kartu sehingga dapat diketahui counter dari kartu lawan yang dkeluarkan.

Berbeda dengan pemain offensive, tipe ini langsung mengeluarkan kartu offensive berupa Hog Rider yang ditemani oleh beberapa goblin. Bisa juga menggunakan kombinasi Barbarian yang ditemani Minion Horde. Jika kamu sudah mencapai Arena 6, bisa juga menggunakan Royal Giant yang dibelakangnya di support oleh Wizard untuk mengantisipasi adalah Minion Horde, goblin, atau bahkan Barbarian.

Ciptakan Deck yang seimbang

Buatlah deck yang seimbang antara pasukan yang dapat meng-counter darat maupun udara. Jangan pernah membuat deck yang hanya mempunyai target darat, kamu akan cepat kalah oleh musuh yang membawa pasukan udara.

Selain itu, seimbangkan antara pasukan yang mahal dan murah. Pasukan yang mahal tentu mempunyai damage dan hitpoint yang bagus, namun kamu akan cepat kalah oleh musuh yang mempunyai average elixir yang rendah. Jadi seimbangkan kartu yang murah dan mahal, rentang rata-rata yang bagus menurut saya berkisar antara 3,3 sampai 4,3.

Gunakan gems dengan bijak

Para pemain pemula biasanya sangat tidak sabaran pengen upgrade kartu-kartu menuju level tertinggi. Iya kan? hhe. Jangan terburu-buru sob, temukan winning deck-mu terlebih dahulu baru upgrade kartu yang memang kamu percayai bisa menuju ke Legendary Arena. Gems akan sangat kamu butuhkan jika sudah mencapai level tinggi karena upgrade akan menjadi semakin mahal.

Jadi jangan hambur-hamburkan gems mu di tahap-tahap arena awal, temukan deck kemenanganmu lalu upgrade sesuai kebutuhan.

Gabung clan yang aktif

Ketika kamu sudah mencapai level 3, kamu sudah bisa membuat clan-mu sendiri atau bergabung dengan clan lain. Sebagai permulaan gabunglah dengan clan yang aktif dengan anggota minimal 40 orang. Kenapa harus minimal 40 orang? supaya banyak yang aktif dan rajin donate. Tentu saja kamu jangan pelit donate ya.

Cara cari clan yang anggotanya minimal 40 orang adalah dengan fitur Advanced Search lalu isi kriterianya seperti dibawah ini.

Kamu bisa request kartu setiap 8 jam, gunakan kesempatan ini untuk request kartu ke teman-teman clan-mu. Jangan request kartu yang orang lain sudah request dan tidak ada orang yang memberikan. Bisa jadi ketika kamu request kartu yang sama orang lain juga tidak akan memberikannya.