3 Cara Screenshot Samsung Paling Mudah

Sobat IdeGadget, setelah sebelumnya kita share cara screenshot pada laptop, kali ini kita akan mengulas bagaimana cara screenshot pada smartphone Samsung yang paling mudah. Smartphone asal Korea tersebut memang telah merajai pasar sejak beberapa tahun terakhir sehingga tentu saja pengguna handphone merk ini tentu saja sangat banyak.

Namun bisa jadi kamu sebagai pengguna hp samsung tetapi belum tahu caranya untuk mengambil tangkapan layar yang sedang aktif, atau biasa disebut dengan istilah screenshot atau screen capture.

Screenshot sangat berguna untuk menyimpan tangkapan layar dalam bentuk gambar. Bisa jadi berupa informasi yang bermanfaat yang kamu dapat dari internet, group whatsapp teman-teman kamu, dan lain sebagainya.

Nah, berikut ini adalah tiga cara untuk melakukan screenshot Samsung. Silakan dari beberapa cara tersebut pilih yang paling mudah dan nyaman sesuai kebutuhan kamu.

Pertama, screenshot menggunakan kombinasi tombol 

Cara yang pertama ini adalah cara yang paling umum namun bisa jadi banyak orang yang belum tahu. Trik nya adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Home dan Power. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

sumber : samsung.com


  1. Siapkan layar yang ingin di-screenshot yaitu layar aktif di handphone kamu
  2. Tekan dan tahan sebentar tombol Home dan Power secara bersamaan. Jika screenshot berhasil akan muncul kilatan sebentar pada layar smartphone kamu dan terdengar suara seperti sedang potret kamera. 
  3. Lihat notifikasi, screenshot yang berhasil akan muncul di notifikasi dan lihat hasilnya. Selain itu di Galeri juga akan tersimpan pada album Screenshot. 

Kedua, screenshot menggunakan Palm Swipe

Cara yang kedua ini cukup unik dan setahu saya ini adalah fitur khusus yang hanya ada pada HP samsung. Palm Swipe adalah fitur dimana kita bisa mengambil screenshot hanya dengan mengusap layar seperti animasi di atas.

Untuk mengaktifkan Palm Swipe, langkah-langkahnya sebagi berikut :
  1. Masuk ke Settings / Pengaturan
  2. Selanjutnya pilih Motions and Gestures
  3. Pilih Palm swipe to capture
  4. Aktifkan fitur dengan posisi pengaturan ON

Ketiga, screenshot menggunakan aplikasi dari pihak luar

Cara yang terakhir adalah menggunakan aplikasi yang banyak tersedia di Play Store. Cukup search dengan kata kunci Screenshot maka akan muncul banyak aplikasi terkait. 
Pilih aplikasi yang memiliki banyak download dan review paling baik ya. Biasanya dengan menggunakan aplikasi maka akan muncul pilihan lebih lanjut seperti edit gambar dan lain sebagainya.