4 Cara Mudah Screenshot di Laptop

Sobat IdeGadget, terkadang kita memang ingin mengambil tampilan layar pada laptop kita kemudian kita ubah menjadi format gambar seperti jpg dan sebagainya. Itulah yang namanya screenshot atau ada juga yang menyebutnya screen capture. Keduanya sama saja.

Apa sih gunanya screenshot? Biasanya sih sangat berguna untuk membuat dokumentasi terhadap apa yang kita lakukan di komputer kita. Bisa berupa tutorial komputer, untuk presentasi kuliah, atau bahkan beberapa artikel di blog ini menggunakan fasilitas itu.

Lalu bagaimana caranya screenshot di laptop? Berikut ini Idegadget mengulas empat cara yang masing-masing punya kelebihan dan tentu saja perlu disesuaikan terhadap kebutuhanmu mau pilih yang mana.


1. Tekan Prt Sc Sysrq pada keyboard

Bagi sobat yang belum tahu dimana letak tombol tersebut ini nih saya tunjukin. Beberapa laptop / komputer bisa jadi nama tombol tersebut agak berbeda sedikit tapi masih mirip-mirip. Biasanya terletak di area sekitar pojok kanan atas.

Cara ini sangat gampang, tinggal tekan tombol di atas pada layar laptop yang ingin kamu tangkap. Jadi sebelum menekan tombol tersebut, pastikan layar yang ingin kamu screen shot sudah siap. 

Setelah itu, buka aplikasi pengolah gambar seperti Paint atau bisa juga aplikasi Office seperti Ms Word. Setelah aplikasi terbuka, pastekan gambar hasil screen shot tadi dengan cara pencet "Ctrl + V" atau klik kanan kemudian pilih paste. 

Cara pertama ini akan mengambil layar secara keseluruhan kemudian menyimpan gambar pada RAM sementara sebelum kamu paste ke aplikasi lain. 

2. Tekan kombinasi tombol Windows + Prt Sc


Cara ini adalah dengan menekan tombol Windows dan Prt Sc secara bersamaan. Layar akan berkedip sebentar lalu secara otomatis akan terbentuk file baru pada folder berikut 
 C:\Users\[nama user]\Pictures\Screenshots
cara screenshot di laptop

Cara kedua ini akan mengambil screenshot layar secara keseluruhan lalu otomatis terbentuk file gambar berformat PNG dan tersimpan pada alamat folder diatas. 


3. Tekan kombinasi tombol Alt + Prt Sc

Cara ketiga ini akan mengambil screenshot hanya pada jendela aktif saja. Jadi taskbar tidak akan ikut tertangkap. Untuk selanjutnya paste gambar ke aplikasi lain seperti yang dijelaskan pada poin pertama. 

4. Screenshot menggunakan Snipping Tool

Terakhir, kita akan screenshot layar namun hanya sebagian area saja yang diambil, tidak secara keseluruhan. Caranya kita akan menggunakan aplikasi ringan bawaan windows yaitu Snipping Tool.

Cari program tersebut di list program atau langsung search aplikasi. Buka program lalu klik New dan klik kiri lalu tahan dan geser mouse ke area yang diinginkan (Drag & Drop). 

Selanjutnya kamu bisa Save gambar tersebut. 

Sekian tutorial cara screenshot di laptop, jika masih ada yang belum berhasil langsung tanyakan saja pada komentar di bawah ya. Jangan lupa juga share artikel ini atau like facebook jika suatu saat kamu butuh untuk baca lagi. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Cara Mudah Screenshot di Laptop"

Post a Comment